Mainan Edukasi untuk Anak 1 Tahun

01-03-2017 06:30 – 02-03-2017 06:35

Bagi Bunda yang memiliki anak-anak, pasti tidak heran lagi dengan aktifitas bermain anak-anak yang begitu sering. Apalagi anak-anak usia di bawah lima tahun memang tergolong sangat aktif bermain. Bunda tidak perlu khawatir jika si kecil sulit untuk diajak belajar pada usia ini. Karena usia tersebut memang masa-masa bermain si kecil. Jika Bunda ingin mengajarkan huruf, angka atau warna, Bunda dapat menggunakan mainan anak 1 tahun yang mengandung edukasi. Sehingga si kecil tetap dapat belajar tanpa harus meninggalkan aktifitas bermain.

Anak-anak memang tidak suka jika harus diajak serius belajar. Bunda tidak boleh memaksa si kecil untuk mempelajari sesuatu di usia bermainnya. Karena hanya akan membuat si kecil menjadi membenci aktifitas belajar. Bunda harus menggunakan metode belajar sambil bermain, sehingga si kecil akan merasa seperti bermain bukan belajar. Meski pada dasarnya yang dilakukannya ada belajar tetapi dengan cara yang menyenangkan. Berikut ini adalah pilihan mainan anak umur 1 tahun yang dapat Bunda berikan kepada si kecil untuk menerapkan metode belajar sambil bermain.

Balok Susun Warna

Mengenalkan warna memang agak sulit. Mengingat warna memang banyak sekali, terkadang anak kecil sulit membedakan warna-warna yang terlihat mirip. Bunda dapat mengenalkan pada si kecil mengenai warna-warna dengan mainan anak 1 tahun berupa balok susun yang memiliki banyak warna menarik. Sambil Bunda sebutkan warna-warna yang ada. Sehingga si kecil akan mudah mengenal warna yang ada.

Puzzel Angka

Anak satu tahun memang belum mengenal angka, tetapi Bunda dapat mengenalkan angka-angka sejak dini. Meski kelihatannya si kecil belum memahami yang Bunda katakan, tetapi si kecil sesungguhnya mengingat yang Bunda katakan. Dan kelak ketika dia sudah dapat berbicara dia akan mudah mengenali dan menyebutkan angka-angka tersebut. Mainan anak 1 tahun yang dapat Bunda gunakan untuk mengenalkan angka pada si kecil adalah puzzel angka yang terbuat dari karet maupun kayu. Bunda dapat memilih sesuai dengan kebutuhkan.

Poster Bergambar

Anak-anak memang sangat menyukai gambar-gambar menarik. Jika Bunda ingin mengenalkan hewan-hewan pada si kecil, Bunda dapat menggunakan poster bergambar. Bisa juga dengan poster hewan yang juga memiliki urutan huruf alphabet. Sehingga tidak hanya mengenal hewan tetapi juga mengal huruf.

Mainan Buah-Buahan

Banyak sekali macam buah-buahan yang dapat dikenalkan pada si kecil. Bunda dapat menggunakan mainan anak 1 tahun berupa mainan buah-buahan. Ada yang terbuat dari kain flanel ada juga dari plastik. Bunda dapat memilih sesuai kebutuhan si kecil.